Komunikasi dalam Organisasi

BAB VII

Komunikasi dalam Organisasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah Suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari suatu pihak ke pihak yang lain dengan tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang sama.

Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atasan bawahan perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci.

Dalam menyalurkan solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi, manakah solusi yang terbaik yang akan diambil, dan yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi.

Unsur-unsur Komunikasi

Komunikasi dalam organisasi tak langsung terbentuk dengan sendirinya, diperlukan unsur – unsur penyebabnya. Unsur-unsur terjadinya komunikasi adalah :

  • Pengirim Pesan

Pengirim pesan (komunikator) adalah sebagai pemancar atau tempat dimulainya komunikasi. Pengirim pesan tersebut bisa seorang individu, kelompok atau masyarakat yang memiliki pesan dan bertujuan untuk menyampaikannya kepada penerima pesan.

  • Pesan

Pesan merupakan suatu gagasan dan ide yang berupa pesan, informasi, pengetahuan, ajakan, bujukan atau ungkapan yang akan disampaikan komunikator kepada perorangan atau kelompok tertentu (komunikan). Pesan pada dasarnya mengandung infomasi yang bernilai positif dan negative tergantung kepada kepentingan pengirim dan penerima.

  • Saluran

Saluran (channel) adalah berupa alat, media, sarana, atau saluran yang dipergu nakan oleh komunikator dalam mekanisme penyampaian pesan kepada penerima. Saluran tersebut bisa berupa pertemuan langsung tatap muka, memo, buku, radio, televisi, film, telepon, internet, dan lain-lain.

  • Penerima Pesan

Penerima pesan (komunikan) adalah seorang yang menerima pesan dan menafsirkannya untuk tujuan tertentu.

  • Umpan Balik (Feedback)

Kemampuan seorang penerima pesan memberikan respon terhadap pengirim pesan menunjukkan tingkat pemahaman penerima pesan. Hal itu menentukan balikan yang diberikan kepada pengirim pesan tersebut. Respon dan dampak yang terjadi dalam proses penyam paian pesan-pesan tersebut dapat berakibat positif maupun negatif tergantung dari tanggapan, persepsi, dan opini dari hasil komunikasi tersebut.

Bagaimana menyalurkan ide melalui konunikasi

Menyalurkan ide melalui komunikasi bisa secara lisan maupun tulisan. Salah satu nya adalah dengan memberikan solusi yang tepat kepada orang lain yang membutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah nya.

Tahapan-tahapan menyalurkan ide melalui komunikasi :

  • Ide (gagasan), Perumusan

Dalam perumusan, disini ide si sender disampaikan dalam kata-kata.

  • Penyaluran (Transmitting)

Penyaluran ini adalah bisa lisan, tertulis, mempergunakan symbol, atau isyarat dsb.

  • Tindakan

Dalam tindakan ini sebagai contoh misalnya perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan.

  • Pengertian

Dalam pengertian ini disini kata-kata si sender yang ada dalam perumusan tadi menjadi ide si receiver.

  • Penerimaan

Penerimaan ini diterima oleh si penerima berita (penangkap berita).

Hambatan-hambatan komunikasi

Berikut ini adalah hambatan – hambatan dalam Komunikasi :

  1. Hambatan dari Proses Komunikasi :
    • Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
    • Hambatan dalam penyandian/simbol

Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.

  • Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
  • Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
  • Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
  • Hambatan dalam memberikan balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.
  1. Hambatan Fisik

Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain – lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.

  1. Hambatan Semantik.

Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima.

  1. Hambatan Psikologis

Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai – nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.

Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi

Di bawah ini ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :

Dari segi sifatnya :

  • Komunikasi Lisan

Komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara

  • Komunukasi Tertulis

Komunikasi melalui tulisan

  • Komunikasi Verbal

Komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan

  • Komunikasi Non Verbal

Komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)

Dari segi arahnya :

  • Komunikasi Ke atas

Komunikasi dari bawahan ke atasan

  • Komunikasi Ke bawah

Komunikasi dari atasan ke bawahan

  • Komunikasi Horizontal

Komunikasi ke sesama manusia / setingkat

  • Komunikasi Satu Arah

Pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)

  • Komunikasi Dua Arah

Berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi

Menurut Lawannya :

  • Komunikasi Satu Lawan Satu

Berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya

  • Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)

Berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok

  • Kelompok Lawan Kelompok

Berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain

Menurut Keresmiannya :

  • Komunikasi Formal

Komunikasi yang berlangsung resmi

  • Komunikasi Informal

Komunikasi yang tidak resmi

Leave a comment